Page 58 - Buku HUT 70 PPPK Petra
P. 58

terjadi dengan nama Sekolah         diketahui oleh jemaat di sana.      segenap civitas PPPK Petra untuk
        Petra yang sama di daerah lain      Respons utama yang penulis          terus meningkatkan keterlibatannya
        sebagai penerima donasi yang        tangkap dari jemaat adalah          dalam program BSP. Penulis
        disampaikan kepada siswa dan        keunggulan PPPK Petra dalam         mendapat kesan mendalam tentang
        orang tua siswa, meningkatkan       donasi terhadap sekolah yang        tanggapan orang lain yang telah
        kepercayaan mereka terhadap         roboh karena diterjang gempa        menerima donasi BSP dari PPPK
        program ini. Kedua, keterlibatan    dan kesan betapa besar donasi       Petra. Kesan tersebut adalah apakah
        wakil siswa dalam serah terima      yang diberikan oleh PPPK Petra.     saya menuai di tempat yang tidak
        donasi juga memberikan dampak       Program BSP juga mempunyai          ikut menabur? mengingat betapa
        peningkatan kepercayaan terhadap    kaitan dengan R.A.I.S.E. secara     tingginya penghargaan terhadap
        program BSP. Siswa jadi tahu        eksternal, karena program           civitas PPPK Petra di mata penerima
        bahwa penerima donasi benar-        BSP telah menjadi bukti nyata       donasi dan program BSP serta di
        benar telah diklarifikasi kelayakan   empower terhadap sekolah lain.    mata komunitas Kristen lainnya.
        kebutuhannya yang akan disokong     Empower atau pemberdayaan ini       Oleh karena itu, keterlibatan
        oleh donasi dari program BSP.       telah membantu proses transisi      segenap civitas PPPK Petra yang
        Ketiga adalah koordinasi sekolah    dari keadaan ketidakberdayaan       telah mencapai tahun ke-70
        yang solid antara kepala sekolah    ke keadaan kontrol relatif atas     terhadap program BSP perlu terus
        dan para guru terutama wali kelas,   ketidakberdayaan sekolah           ditingkatkan, sehingga semakin
        sehingga memberikan kesan di        penerima program BSP, dalam         memperbesar dampak empowering
        mata siswa bahwa sekolah satu       meningkatkan kualitas pelayannya    terhadap sekolah-sekolah Kristen
        suara dalam program BSP. Keempat    dalam bidang pendidikan.            lain yang membutuhkan, apalagi
        adalah efektivitas ujung tombak                                         sekarang ada tantangan baru, yaitu
        dari program ini, yaitu wali kelas.   Kesan yang positif tersebut di    pandemi COVID-19. Selamat ulang
        Wali kelas patut dinilai telah      atas, tentunya mempunyai kaitan     tahun ke-70 PPPK Petra dan viva
        memberikan arahan yang inspiratif   langsung dengan keterlibatan        BSP!
        dalam menyosialisasikan program     siswa dalam program BSP.
        BSP. Kelima adalah respons siswa    Keterlibatan siswa dalam program
        yang positif dengan BSP. Sebagai    BSP ini tentunya juga menjadi
        wali kelas, penulis pernah bertanya   cambuk untuk keterlibatan
        tentang tanggapan siswa terhadap
        BSP, kepada bendahara kelas
        yang mengadministrasikan BSP.
        Ia menjawab, ”Pada dasarnya,
        tujuannya sangat bagus untuk
        bisa membantu orang lain yang
        membutuhkan.”

        Penulis juga pernah ada
        pengalaman melakukan pelayanan
        gerejawi di daerah, dan kebetulan
        identitas sebagai guru PPPK Petra


        55 | HUT ke-70 PPPK PETRA
   53   54   55   56   57   58   59   60   61   62   63