Page 67 - Buku HUT 70 PPPK Petra
P. 67
Adanya pandemi COVID-19 secara 1. Disrupsi teknologi individualistis, tidak sabaran, dan
positif berdampak pada percepatan Perkembangan teknologi ingin serbainstan. Mereka lebih
PPPK Petra menyediakan fasilitas sangat memengaruhi sekolah nyaman belajar secara kolaboratif,
dan infrastruktur teknologi dan konvensional. Pendekatan learning by doing atau peer to
persiapan guru yang lebih baik dalam pembelajaran lebih terbuka, peer melalui jejaring sosial. Ruang
memberikan layanan pembelajaran komunikatif, kolaboratif, personal, dan waktu tidak lagi menjadi
daring. Peran seorang guru akan eksperiensial, dan sosial, sehingga batasan bagi mereka untuk
bergeser menjadi coach dan pembelajaran tidak lagi terbatas belajar.
mentor, karena teknologi sudah bisa ruang dan waktu.
menjalankan peran sebagai pengajar 3. Disrupsi kompetensi
dengan lebih lengkap, aktual, dan tak 2. Disrupsi milenial Disrupsi teknologi dan milenial
pernah lupa. Akses informasi akan Disrupsi milenial terjadi karena secara otomatis memicu
sangat terbuka, guru konvensional siswa saat ini berasal dari generasi disrupsi kompetensi bagi
akan semakin tertinggal. Di samping Z (1995–2009) dan generasi Alfa para pendidik yang menuntut
itu, beberapa disrupsi dalam dunia (2010– …). Kemajuan teknologi kolaborasi antara manusia dan
pendidikan yang tak luput dari memengaruhi karakter menjadi mesin, sehingga tercapai link-
perhatian PPPK Petra adalah: pembelajar yang mandiri, match antara pendidikan dan
HUT ke-70 PPPK PETRA | 64