PEMBINAAN SISWA BERBAKAT

Kami menyadari bahwa Tuhan memberikan kepada setiap anak bakat dan talentanya masing-masing, dan menjadi tugas kami untuk bisa mengenali, menumbuhkan, dan mengembangkan apa yang mereka miliki agar menjadi berkat bagi dirinya sendiri dan orang lain. Dengan demikian, nama Tuhan makin dipermuliakan.

Sebagai salah satu implementasi pada Student Learning Outcomes (SLO) PPPK Petra yaitu Talent Development dan Academic Excellence, PPPK Petra terus berupaya mengembangkan kemampuan anak di bidang akademik dan nonakademik.

Olimpiade Sains Nasional

Olimpiade Sains Nasional (OSN) adalah ajang lomba bergengsi bagi para siswa SD, SMP, dan SMA, yang diselenggarakan tiap tahun oleh Kemendikbud RI sejak tahun 2002. Mulai tahun 2020, tugas penyelenggaraan ajang tersebut dialihkan pada satuan tugas di Kemendikbud RI, yaitu Badan Pusat Prestasi Nasional. Istilah Olimpiade Sains Nasional (OSN) pun diganti menjadi Kompetisi Sains Nasional (KSN). Bentuk penyelenggaraan kompetisi ini diawali dengan seleksi dari tingkat kecamatan (khusus jenjang SD), tingkat kota, dan provinsi. Selanjutnya untuk jenjang SMA, dipilih 7-8 siswa tiap mata pelajaran yang mewakili provinsi ke tingkat nasional. Untuk jenjang SD dan SMP, jumlah siswa yang melanjutkan ke tingkat nasional didasarkan hasil peringkat ke 130 hingga ke-235 seleksi provinsi.

Para siswa yang berhasil meraih medali di tingkat nasional akan mengikuti pelatihan nasional dalam beberapa tahap, untuk menjadi duta Indonesia di tingkat internasional. Beberapa olimpide sains tingkat internasional yang pernah diikuti oleh para siswa PPPK Petra, antara lain : Internasional Mathematical Olympiad (IMO), International Physics Olympiad (IPhO), International Chemistry Olympiad (IChO), International Biology Olympiad (IBO), International Olympiad of Astronomy and Astrophysics (IOAA), International Olympiad in Informatics (IOI), International Earth Science Olympiad (IESO), International Geography Olympiad (iGEO), dan International Economics Olympiad (IEO), International Junior Science Olympiad (IJSO).

Tekad dan impian untuk meraih prestasi tinggi, serta tidak terlepas dari prestise ajang kompetisi sains nasional dan internasional tersebut, maka sejak tahun 2005 PPPK Petra mulai dengan serius menyusun program-program pelatihan olimpiade bagi para siswa. Program pelatihan dimulai dari jenjang SMA dengan sasaran utama pelajaran Matematika, Fisika, dan Kimia. Selanjutnya, secara bertahap mulai disusul dengan bidang-bidang lainnya, yaitu: Komputer, Astronomi, Biologi, Ekonomi, Kebumian, dan Geografi. Untuk jenjang SMP, diadakan pelatihan bidang Matematika, IPA (Biologi dan Fisika), dan IPS. untuk jenjang SD, dimulai pada tahun 2016 dengan bidang Matematika dan IPA.

Pembinaan tersebut membekali para siswa baik pengetahuan teoretis maupun keterampilan untuk melakukan eksperimen, dengan menggandeng guru-guru Petra, dosen dari dalam dan luar kota, alumni Petra peraih medali (sebagai pembimbing), serta beberapa universitas untuk persiapan praktikum, yaitu: Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Airlangga. Dengan adanya pelatihan secara rutin dan berkesinambungan, berbagai prestasi yang membanggakan berhasil di raih oleh para siswa PPPK Petra di tingkat nasional dan internasional pada setiap tahunnya.

Penghargaan Siswa Berprestasi

Setiap tahun, PPPK Petra pun memberikan apresiasi tinggi bagi para siswanya yang berprestasi. PPPK Petra memberikan penghargaan berupa pembebasan uang sekolah dan pembebasan uang pengembangan dalam Penerimaan Siswa Baru (PSB) pada tahun berikutnya. 

PPPK Petra mengucapkan terima kasih untuk seluruh pihak yang telah memberikan dukungan, sehingga anak-anak dapat meraih prestasi setinggi-tingginya. Soli Deo Gloria.

Tahun 2021

Tahun 2020

Tahun 2019

 306 total views,  6 views today